Pages

Saturday, August 1, 2015

Menyusuri Sejarah Menuai Hikmah

Bismillahirrohmaanirrohim,

Alhamdulillah serta sholawat dan salam bagi Muhammad Rasulullah, keluarganya dan para shabatnya yang telah berjuang memerdekakan umat manusia dari kungkungan kegelapan masa jahiliyah kepada cahaya Allah SWT.

Kisah Muhammad Al Fatih, Panglima Perang terbaik yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya, seorang pemuda yang memimpin kaum muslimin dalam penaklukan kota Konstantinopel pada tahun 1453 M sangat menginspirasi dalam catatan sejarah Islam. Salah satu rahasia pembentukan karakter Al Fatih yang luar biasa adalah bahwa sejak kecil, beliau diceritakan kisah-kisah masa lalu tentang perjuangan umat Islam dan para pendahulunya oleh gurunya.

Allah Subhaanahu Wa Ta'ala telah banyak mengabadikan kisah manusia dalam firman-Nya, yang menunjukan betapa pentingnya sejarah sebagai pembelajaran umat manusia. Mulai dari kisah para nabi dan rasul, orang-orang sholeh hingga musuh-musuh Allah yang dengan gigih menentang-Nya.

Tentu saja pemberitaan sejarah hidup manusia bukanlah tanpa maksud, karena Al-quran diturunkan Allah SWT kepada Muhammad Rasulullah SAW sebagai mukjizat dan pedoman hidup bagi seluruh makhluknya di dunia. Dan Rasulullah Muhammad SAW pada saat berpidato di kala Haji Wada' telah berpesan kepada seluruh umatnya bahwa barang siapa yang berpegang teguh pada Al-quran dan Sunnah Rasulullah SAW maka akan selamat di dunia dan akhirat, dimana salah satu aspek yang terdapat dalam Al-quran dan Sunnah Rasul adalah kisah-kisah.

Apa yang disampaikan di atas untuk menunjukan bahwa sejarah adalah sangat penting untuk diketahui untuk dijadikan peringatan dan pembelajaran bagi kita semua.

Pada postingan-postingan berikutnya, akan banyak tentang sejarah Islam dan semoga membawa manfaat bagi kita semua.


0 comments:

Post a Comment