Senin, 08 Juni 2009

Penjumlahan Pada Excel



Sebelum kita memulai dengan rumus-rumus penjumlahan, mari kita sedikit berkenalan dengan excel terlebih dahulu.

Excel merupakan program yang terintegrasi dengan Microsoft Office. Di dalam excel, akan dijumpai beberapa istilah antara lain yaitu : workbook, sheet, column, row dan cell. Workbook adalah sebutan untuk file excel. Di dalam workbook terdiri dari sheet atau halaman-halaman excel. Untuk workbook standar terdiri dari 3 sheet.

Di dalam sheet terdapat cell-cell, kalau saya mengistilahkan cell sebagai ruangan atau tempat kita menyimpan data dalam excel, dapat berupa angka, teks, dan rumus. Tiap cell dalam excel ditunjukkan melalui kolom dan baris (column & row). Kolom terdiri dari huruf-huruf, mulai dari A, B, C, dan seterusnya. Sedangkan baris terdiri dari angka-angka, mulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya. Dengan demikian untuk menyebutkan sebuah cell haruslah menyebutkan kolom dan barisnya seperti cell A1, yaitu cell yang berada pada kolom A dan baris 1.


Saya rasa cukup untuk perkenalannya, mari kita mulai dengan belajar rumus penjumlahan.

Salah satu kelebihan program Excel, kita dapat mempermudah proses penjumlahan bilangan. Ada beberapa cara dalam membuat rumus penjumlahan:

Pertama, menggunakan tanda “+” dengan cara : “=CELL+CELL” contoh: “=A1+B1”, artinya kita akan menjumlahkan angka-angka yang ada pada cell A1 dan B1.
Latihan:
Masukkan angka 5 pada cell A1
Masukkan angka 5 pada cell B1
Pada cell C1 ketikkan rumus : “=A1+B1” lalu tekan “Enter”
Hasil penjumlahan pada cell C1 adalah 10



Kedua, menggunakan rumus “=sum(cell:cell)” contoh: “=sum(A1:A5), artinya kita akan menjumlahkan angka-angka yang berada pada cell A1 sampai A5.
Latihan:
Masukkan angka 2, masing-masing pada cell A1, A2, A3, A4 dan A5
Pada cell A6 ketikkan rumus : “=sum(A1:A5)” lalu tekan “Enter”
Hasil Penjumlahan pada cell A6 adalah 10



Untuk perhitungan yang lebih kompleks, rumus “=sum(cell:cell)” dapat dikombinasikan dengan perkalian “*”, pembagian”/”, dan pengurangan “-“.
Contoh: “=sum(A1:A5)/B1*C1-D1” hasilnya pada cell A6 adalah 0



Selamat mencoba...

14 komentar:

  1. Sangat membantu bagi saya yang pemakai pemula,khusus nya progran excel

    BalasHapus
  2. makasih ya om ..
    jadi cepet ngerti ane !
    khusus nya buat pemula

    BalasHapus
  3. Terima kasih bos , sungguh sangat bermamfaat untuk saya , mudah dimengerti dan dipahami

    BalasHapus
  4. TERIMA KASIH SANGAT MEMBANTU

    BalasHapus
  5. Gimana kalo menjumlahkan angka dari Sheet 1 dan Sheet 2..??

    BalasHapus
  6. makasih banyak ilmunya. semoga bermanfaat tuk semuanya.

    BalasHapus
  7. mksh ya, akhirnya saya bisa mendapatkan rumus ini untuk lomba besok, :) doakan agar saya bisa menang.

    BalasHapus
  8. Kalo Ngitung Vlook up or Hlookup Tu gmna caramya??????????


    Makasih

    BalasHapus
  9. mau tanya mas. tp bingung jelasin'nya,...
    gw ksi contoh aja yee, Contoh:
    50rb
    20rb
    45rb
    semua angka tersebut dalama 1 rows.
    gimana cara menjumlahkan'nya dengan angka" di rows lain. Thanks

    BalasHapus
  10. Anonim@ Sya Bantu Jwab Yach,,,!!!

    Sperti Penjelasan diatas Juga:
    Contohx:


    A1=50rb B1=20rb C1=45rb

    Biar Bagaimanapun dan Dari manapun Cell yg Mau dijumlahkan, Intix Dilihat sja Pada Posisi letakx Cell-cell yg Mau di Jumlahkan.
    Contohnya:
    Di...... D1=100rb.....nah Kalo Mau di Jumlahkan dengan A1
    tinggal masukan rumusnx..... Rumus Di masukkan pda cell dimana Kita mau Taro Jumlhax Contohnx Hasilx Di Tampilkan Di D2 Mungkin...
    Carax:
    klik di Cell D2: Ketik: =sum(A1+D1) trus Tekan Enter.!
    maka hasilx pasti 150rb.

    BalasHapus
  11. & Kalo dalam 1 Rows Mau Dijumlahkan Sama angka Di Rows Lain:
    Carax:
    Klik di cell yg Mau Ditampilkan HAsilx.!
    1) =sum( )
    2) Klik Didalam Kurungx>
    3) Blok Cell yg tadi:
    50rb.
    20rb.
    45rb.
    4) lepas Blokx.!
    5) trus Tekan Ctrl+klik pda Cell lain yg MAu di Jumlahkan.!
    6 ) lalu Tekan Enter.!

    BalasHapus